Cara Menyembunyikan Folder di Windows 7 Paling Mudah

Cara menyembunyikan folder di windows 7 tentu sangat mudah bagi anda yang sudah mahir dalam komputer. Jadi buat anda yang sudah mahir silahkan disimak saja #he. Menyembunyikan file / folder bisa kita sembunyikan / hidden dengan dua cara. Cara pertama tanpa menggunakan software dan menggunakan software dengan bantuan software khusus.

Cara Menyembunyikan Folder pada Windows 7

Manfaat Menyembunyikan Folder / File di Windows 7


Menyembunyikan atau meng-hidden folder / file sangat penting bagi anda yang mempunyai data rahasia / penting yang tidak ingin orang lain tahu seperti, dokumen, video, dan lainnya. Menyembunyikan file rahasia juga sangat berguna bagi anda yang komputer-nya sering digunakan oleh anak atau teman anda, dan tentu juga anda takut data anda di acak-acak oleh tangan jahil. Jadi tips trik ini bermanfaat buat anda agar file anda tetap aman. So, bagaimana caranya? silahkan anda lihat tutorial dibawah ini.

Cara Mudah Menyembunyikan Data / Folder di Windows 7 Tanpa Sofware

1. Klik kanan pada folder yang akan anda sembunyikan lalu klik Properties
2. Kemudian pada tab General, centang kolom Hidden kemudian klik OK


Cara Menyembunyikan Folder pada Windows 7
Image: 1.1 Menyembunyikan Folder di Windows 7 Tanpa Sofware
3. Nah kemudian akan muncul jendela kecil, disini kita akan memilih Apply changes to this folder, subfolders and file (maksudnya, anda akan menyembunyikan folder dan subfolder serta file di dalam folder tersebut. Namun jika kita memilih Apply changes to this folder only (maksudnya, anda hanya menyimpan folder saja, tidak beserta file. Namun bisa tersembunyi tapi, filenya masih bisa tampil di pencarian dengan menekan tombol kombinasi [Ctrl] + [F]. Untuk membuktikannya silahkan anda pilih option yang yang pertama yaitu Apply changes to this folder only. Lalu tekan tombol kombinasi [Ctrl] + [F] kemudian ketikan nama file yang telah disembunyikan. Maka hasilnya masih bisa kita lihat atau temukan. Jadi agar isi folder tadi tidak bisa di temukan maka kita harus memilih option ke dua. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

Cara Menyembunyikan Folder pada Windows 7
Image: 1.2 Menyembunyikan Folder di Windows 7 Tanpa Sofware

Nah sekarang folder sudah disembunyikan. Lalu bagaimana cara mengembalikannya / meng-unhide folder tersebut? silahkan anda lihat langkah sederhana berikut.

1. Klik Organize => Folder and search options
Cara Menyembunyikan Folder pada Windows 7
Image: 1.3 Menyembunyikan Folder di Windows 7 Tanpa Sofware

2. Pada tab View, pilih Show hidden files, folders, and drives kemudian klik OK
Cara Menyembunyikan Folder pada Windows 7
Image: 1.4 Menyembunyikan Folder di Windows 7

Selesai, tadi folder yang disembunyikan kini sudah muncul. Tapi, kenapa kok foldernya transparan? Tenang saja, folder menjadi transparan karna efek dari hidden tadi (kolom hidden yang di centang). Jadi, agar folder kembali normal silahkan anda hilangkan pada kolom hidden tadi. Dengan cara klik kanan pada folder yang disembunyikan tadi, lalu pilih propertis kemudian hilangkan tanda cetang pada kolom hidden lalu akhiri dengan meng-klik OK.

Gimana mudah bukan?. Itulah cara menyembunyikan file di pc tanpa software. Nah sekarang gimana cara menyembunyikan folder menggunakan software khusus? Caranya sangat mudah disini kita akan menggunakan Folder Lock. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menyembunyikan Folder di Komputer [Windows 7 atau Windows 8] dengan aplikasi Folder Lock

1. Download Folder Lock 7.5.1 Final Serial Crack Terbaru Di SINI (aplikasi untuk mengunci file / folder)

2. Jika sudah didownload buka lalu instal aplikasi tersebut seperti biasa (saya yakin anda sudah bisa   melakukan instalasi).

 *Jika proses instalasi sudah selesai, kini saatnya anda mengaktifkan aplikasi tersebut agar bisa          digunakan secara permanen. 

3. Cara mengaktifkannya gampang sekali, anda tinggal buka aplikasi Folder Lock, (biasanya ada di desktop komputer / laptop anda, jika tidak muncul di desktop silahkan anda klik Start => All programs => Folder Lock kemudian pilih Folder Lock yang ada gambar kunci.

4. Kemudian klik menu Help & support => Register kemudian akan muncul jendela registrasi, silahkan anda isi form Serial Number dan Registration Key dengan code yang sudah ada di dalam file yang anda download tadi lalu akhiri dengan mengklik Submit. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.

Cara Menyembunyikan Folder pada Windows 7
Image: 1.5  Folder Lock

5. Ok jika proses diatas sudah selesai, saatnya anda memasukan / membuat password di kolom yang sudah di sediakan. Caranya masukan password sesuai keinginan anda kemudian masukan kembali password yang sama. Fungsinya, agar password yang anda masukan sesuai dengan password yang anda inginkan.

Cara Menggunakan Folder Lock

1. Jika aplikasi folder lock sudah dibuka silahkan anda klik tombol Plus (+ iconnya berwarna hijau)

2. Lalu pilih Add Folder(s) (karna disini anda akan menyembunyikan folder, maka anda harus memilih Add Folder(s). Jika anda ingin menyembunyikan file, maka anda harus memilih Add File(s).

3. Jika sudah meng-klik Add Folder(s) maka akan muncul jendela kecil (silahkan anda cari folder yang ingin anda sembunyikan) akhiri dengan klik OK

Selesai, folder yang anda sembunyikan kini sudah disembunyikan, lalu bagaimana cara menampilkan kembali? caranya mudah sekali, anda tinggal klik folder di aplikasi Folder Lock kemudian klik Unlock begitu juga sebaliknya, jika anda ingin mengunci / menyembunyikannya lagi anda tinggal klik Lock. Gimana mudahkan? :)

*Untuk menggunakan aplikasi Folder Lock anda harus memasukan dulu password yang sudah anda pakai. Tapi, jika anda ingin meng-uninstall (menghapus) aplikasi tersebut anda harus memasukan password / kata sandi juga sesuai password yang sudah anda gunakan.

Sekian dan terimakasih, tips dan trik yang admin bagikan tentang Cara Menyembunyikan Folder di Windows 7 Semoga bermanfaat.
PERHATIAN : [ Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa Like Ya Sob ^_^ Thanks ]

30 Responses to "Cara Menyembunyikan Folder di Windows 7 Paling Mudah"

  1. wah bisa di coba nih tipsnya untuk menyembunyikan folder di windows 7 gan,untuk antisipasi agar file penting tidak sembarang dibuka orang.oya salam kenal gan,ditunggu kunbalnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan salam kenal balik, makasih udah berkunjung

      Delete
    2. salam kenal dari saya juga ya
      nama saya yanto.hahaha

      Delete
    3. halah kang yanto ikut2an,wis kenal kang...kenalan terus kapan nganune.wakakakka

      Delete
  2. caranya cukup mudah yamas,tp kayaknya lebih aman yg pake sofware tuh mas karena pake pasword

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas rekomedasi sih yang pake password agar data kita lebih aman

      Delete
    2. betul mas
      tp kalau saya sih nggak perlu disembunyiin,soalnya serumah yg main kompi cuman saya doang.hehehe

      Delete
    3. hehe tapi hati2 mas nati kakekx delete filex mas

      Delete
    4. sulit bagi yang tidak tahu mas,kalau kang yanto kan dah master pasti mudah lah,hahahahaha

      Delete
    5. haha betul mas, apa lagi mas Purnama

      Delete
  3. koq blognya sering disetting kepribadi kenapa mas?
    kemarin saya BW kemari juga nggak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu lagi proses perbaikan mas maaf udah bikin gak nyaman

      Delete
    2. o proses ganti baju blog yamas.
      tp keren nih tampilannya

      Delete
    3. itulah mas kalo baju gratisan sering di ganti :)

      Delete
  4. boleh juga ni mas, di terapin tips nya, biar file-file yang sekiranya penting dapat di sembunyikan dengan aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di coba mas, dan hasilnya sangat oke, jadi sekarang bisa lebih aman kalau nyimpen file file pribadi :D

      Delete
  5. folder yang dianggap rahasia memang harus disembunyikan ya mas,hehe ntar kalau ada yang rahasia tipsnya dicoba deh :D

    ReplyDelete
  6. ini dia yang harus kita lakukan. Jika mempunyai data yang begitu rahasia, pastinya wajib kta hidden . mntab mas,

    ReplyDelete
  7. nice artikel. panduan ini saya sering gunakan dulu tapi sekarang kalau tujuannya ingin agar folder nggak bisa diakses oleh orang lain lebih suka gunain software

    ReplyDelete
  8. balik lg kesini ah
    cuman minta kopi doang mas
    soalnya sofware hidden foldernya udah kudownload sih

    ReplyDelete
  9. koq tombol replynya nggak bisa diklik sih mas?

    ReplyDelete
  10. sangat berguna nih ketika mau menyembunyikan data - data rahasia kita di komputer ya

    ReplyDelete
  11. Saya suka nyimpen data rahasia, Tapi biasa pakai software.. kalau pakai format hidden, masih ketahuan....

    ReplyDelete

InsyaAllah admin akan menjawab dengan cepat.